CARA MENCEGAH DAN MENGATASI KERUSAKAN KOMPOR LPG

Kerusakan Akibat Tikus.

Biasanya jenis kompor yang sering diganggu tikus adalah tipe kompor yang menggunakan baterai atau listrik untuk menyalakan pematik api kompor. Kompor seperti itu menggunakan rangkaian kabel untuk instalasi pematik apinya, dan ada ruang atau rongga dalam kompor yang bisa dimanfaatkan tikus untuk bersarang dan menyalurkan hobinya yaitu menggigiti kabel kabel yang ada sampai putus dan berserakan.

Kalau sudah terserang tikus kompor akan susah dihidupkan melalui pematiknya. Dan jika dibiarkan berlangsung lama akan membuat komponen pematiknya rusak semakin parah karena berkarat atau konslet. Biaya perbaikannya cukup mahal karena memang komponennya agak sulit dicari dan kalau ada satu set harganya cukup mahal.

Cara mengatasinya jika kompor belum rusak atau jika sudah selesai diperbaiki adalah segera menutup lubang-lubang yang ada dikompor yang bisa digunakan sebagai pintu masuk tikus dengan menggunakan kawat ram-raman / kawat kasa. Pastikan tertutup dengan baik tapi ventilasi kompor tetap lancar

 Kerusakan akibat sarang laba laba atau binatang kecil sejenis atau kecoa kecil

Hampir semua merek dan jenis kompor bisa mengalami gangguan ini. Gejalanya kompor susah di hidupkan, atau nyala api kompor merah. Binatang binatang kecil ini suka menyusup ke lubang saluran gas lpg dari spuyer kompor hingga tempat keluarnya api dan membuat sarang disitu mengakibatkan tersumbat atau terganggunya aliran gas lpg.

Cara mencegah dan mengatasinya dengan membersihkan saluran gas kompor lpg secara berkala. Bersihkan dari sarang dan binatang kecil yang bercokol disitu.

Kerusakan akibat kotor (sisa minyak lemak dan air sewaktu memasak

Semua kompor lpg , Jika malas membersihkan kompor lpg akan bisa mengakibatkan beberapa kerusakan. Diantaranya :

-kenop pemutar atau kenop untuk menghidupkan kompor macet tidak bisa diputar.

-kompor susah dihidupkan karena saluran gas tersumbat.

-nyala api kompor merah.

-nyala api kompor kecil tidak bisa besar seperti biasanya.

-body kompor mudah berkarat dan keropos.

Biasanya jika dapur terjaga kebersihannya dan kompor juga sering dibersihkan butuh waktu bertahun tahun mengalami masalah-masalah seperti ini.

Jika api merah dan piringan tempat nyala api terlihat ada bekas minyak atau lemak bisa segera diatasi dengan membersihkan kotoran. Cukup dicuci dengan air bersabun seperti kalau kita cuci peralatan masak umumnya.

Jika masalah tetap tidak hilang lebih baik jika anda menghubungi tukang servis kompor lpg, karena jika tida hati hati-hati atau ceroboh bisa beresiko anda celaka. Ada hal-hal kecil yang harus diperhatikan dengan teliti termasuk kemungkinan membongkar spuyer kompor, bila ada yang terabaikan bisa terjadi kebocoran atau kompor terbakar.

Kerusakan akibat ada komponen kompor lpg yang aus, patah rusak dll

Kebanyakan kerusakan terjadi pada kompor kompor yang murah. Semakin murah harga kompor lpg anda akan semakin mudah kompor lpg anda mengalami kerusakan seperti ini. Bisa karena kualitas yang kurang bagus atau karena usia kompor.

Mengatasinya adalah dengan memilih kompor dengan kualitas yang baik sewaktu anda memilihnya, selain melihat body kompor yang kokoh perhatikan juga mesin spuyer kompor apakah terlihat berbahan bagus atau bahan ringkih.

Oke sementara segini dulu postingan saya. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi dokter……….maaf …..maksudnya  hubungi tukang servis kompor lpg kenalan anda, atau anda bisa tanyakan melalui kometar di postingan ini.

79 thoughts on “CARA MENCEGAH DAN MENGATASI KERUSAKAN KOMPOR LPG

  1. Maaf mw tanya,gmn ya cara betulin kompor yg kalo d nyalain api lgsg meluap2 dan kadang ada ledakn kecil,trus kalo di matiin meletup-letup,di tunggu jwbanya,trimaksih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s